Desain

Desain

Pengertian desain

Desain adalah suatu sistem yang berlaku untuk segala jenis perancangan yang mana titik beratnya dilakukan dengan melihat segala sesuatu persoalan tidak secara terpisah atau tersendiri, namun sebagai suatu kesatuan dimana satu masalah dengan lainnya saling terkait. Disisi lain, desain juga diartikan sebagai perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur.

Fungsi Desain


Adapun fungsi dari desain adalah sebagai berikut:

Merupakan sebuah proses untuk membuat atau menciptakan obyek baru
Merupakan sebuah alat untuk mengkomunikasikan suatu karya cipta baru seorang desainer kepada masyarakat umum
Merupakan sebuah wadah untuk menampilkan objek-objek kepada masyarakat dengan suatu gambaran ataupun nyata
Merupakan sebuah ilmu pengetahuan dan wawasan kepada manusia, supaya bisa mengerti bentuk dalam bentuk penggambaran bidang, ruang, susunan, konfigurasi, komposisi, nilai dan sebagainya.


Tujuan Desain


Menurut berbagai teori mengenai desain, terdapat beberapa tujuan yang hendak dicapai dari pembuatan desain. Beberapa tujuan itu diantaranya adalah sebagai berikut:

Desain memiliki tujuan untuk menyesuaikan antara hasil desain dengan manusia sebagai penggunanya dengan menyadari tentang kelebihan keterbatasan dan juga kemampuan yang dimilikinya.
Desain yang dipadu padankan dengan unsur-unsur seni dan teknologi yang bertujuan untuk meraih keamanan, kenyamanan dan keindahan
Desain dibuat dengan bertujuan supaya bisa meningkatkan efisiensi, produktivitas dan kualitas hidup manusia.


Jenis-Jenis Desain


Terdapat dua jenis desain yakni:

> Pertama adalah desain struktur yang adalah suatu wujud dari sebuah benda yang terdiri dari unsur-unsur desain antara susunana garis, bentuk, ukuran, warna tekstur dan nilai gelap terangnya.
> Kedua adalah desain hiasan yang memiliki tujuan untuk menghias desain struktur sebuah benda atau busana.


Prinsip-Prinsip Desain


Dalam mendesain tertentu membutuhkan pertimbangan beberapa prinsip-prinsip desain. Prinsip yang pertama adalah balance. Yang mana balance tersebut sama halnya mempertimbangkan stabilitas atau kesan terdapat daya tarik yang sama antara bagian yang satu dengan yang lain tanpa menghilangkan aksentuasi yang merupakan pusat perhatian pada susunan karya seni.

Dalam menerapkan prinsip balance ini dalam mendesain harus menetapkan balance yang seperti apa. Hal ini dikarenakan balance sendiri terbagi menjadi empat hal antara lain keseimbangan sentral, keseimbangan simetris, keseimbangan inormal dan keseimbanga kontras


Prinsip desain selanjutnya adalah unity yang adalah kesatuan yang dirubah dengan unsur yang mendominasi dan kurang mendominasi dan juga kedekatan dalam sebuah komposisi karya seni, selain itu prinsip desain lainnya adalah ritme. Dimana ritme ini adalah susunan yang teratur dari unsur yang berulang dalam sebuah karya seni. Prinsip yang terakhir adalah proporsi adalah perbandingan ukuran yang ideal dari sebuah objek.

Manfaat Desain
Terdapat manfaat desain dalam kehidupan sehari-hari yakni:

1. Mempercepat Proses Pekerjaan
Sebuah pekerjaan akan bisa dipersingkat dengan memakai desain grafis, contoh sebuah proposal yang harus memaparkan setiap detail perusahaan tetapi dengan memakai desain grafis maka akan lebih dipersingkat dengan membuatnya dalam bentuk gambar atau kurva.

2. Dapat Menyampaikan Pesan Dalam Bentuk Grafis
Untuk membuat pesan berupa suatu karya seni desain grafis tidaklah mudah, hal ini bisa dilakukan dengan mengikuti kursus desain grafis yang terpercaya agar pesan yang dibuat bisa tersampaikan kepada masyarakat.

3. Menjadi Tempat Pengungkapan Perasaan
Setiap orang pasti mempunyai perasaan yang terkadang sulit untuk diungkapkan, sesudah belajar desain grafis di dumet school dengan suatu aplikasi photoshop atau adobe lainya bisa mengungkapkan perasaan dalam bentuk grafis.

4. Memberikan Hasil Gambar Yang Lebih Menarik Dan Indah
Gambar yang dihasilkan dengan baik melalui jepretan kamera maupun karya tangan tidak selalu menghasilkan gambar yang diinginkan, dengan sentuhan desain grafis gambar tersebut akan lebih menarik dan indah di lihat.

5. Dapat Menghasillkan Uang
Dengan suatu hasil desain yang sudah dibuat akan mempunyai nilai yang berharga, bayangkan saja logo-logo perusahaan yang dibuat dari aplikasi desain bukan sekedar bernilai ratusan ribu saja, bahkan ada yang nilainya milyaran.

Metode Desain


Metode desain yaitu sebuah cara yang dilakukan oleh desainer untuk menghasilkan sebuah karya desain. Beberapa metode yang sering digunakan diantaranya:

Explosing: Adalah mencari inspirasi dengan berpikir dengan kritis untuk mendapatkan sebuah desain yang belum pernah dibuat.
Redefining: Adalah mengolah kembali sebuah desain supaya menjadi bentuk yang lebih baik dan berbeda
Managing: Adalah menciptakan desain dengan berkelanjutan dan terus menerus
Phototyping: Adalah memperbaiki dan atau memodifikasi desain warisan nenek moyang
Trendspotting: Adalah membuat sebuah desain menurut tren yang sedang berkembang

Company History

10 Years
Experience

Kami adalah perusahaan IT Consultant Profesional yang bergerak dibidang Informatika dan Telematika. Memfocuskan kepada layanan jasa pembuatan website, Aplikasi Webbased, Aplikasi Android, IOS, SEO, Desain, Multimedia, Maintenance, Digital Marketing dan Project Sesuai kebutuhan/Custom.

Profesional
Berpengalaman
& Amanah

Cibuburweb.com memberikan pelayanan terbaik untuk mitra-mitra kami. Mengerjakan dengan cara Profesional dengan didukung SDM atau TIM Internal yang berpengalaman dan ahli dibidangnya, Mengerjakan sampai tuntas dan dijamin Puas. tidak hanya itu cibuburweb memiliki Legalitas yang terdaftar di Kemenkumham.


Kami Melayani Jasa Pembuatan Website dan Aplikasi di Wilayah Cibubur, Bekasi, Jakarta, Bogor, Tangerang dan Indonesia


Informasi lebih lengkap hubungi kami sekarang juga!

jasa cibubur web

Layanan
Profesional
Cibubur
Web.

cibuburweb.com

Branding & Identity

Bukanlah hal mudah menyampaikan pesan melalui desain, kami memiliki tim yang ahli dibidang untuk mengemas pesan anda.

cibuburweb.com

Web Design & Development

Kami menciptakan desain website yang sesuai keinginan, platform terbaru dan kemudah dalam penggunaan oleh orang awan sekali pun.

cibuburweb.com

Mobile Apps Development

Melayani jasa pembuatan aplikasi Android & IOS dengan bahasa pemprograman Native, Hybrid dan Cross mobile sesuai kebutuhan.

cibuburweb.com

SEO & Google Adword

Optimalkan Website & aplikasi dihal 1# Google untuk meningkatkan Pemasaran.

cibuburweb.com

Digital Marketing

Temukan target market yang tepat diwaktu dan tempat yang tepat untuk menjangkau pelanggan yang lebih luas,

cibuburweb.com

Maintenance

Hemat waktu, Uang anda untuk operasional SDM, nikmati kemudahan Maintenance Website anda.

cibuburweb.com

Project Custom

Kami melayani project custom dengan fitur dan konsep sesuai dengan kebutuhan perusahan anda.

Logo WAN Teknologi

Portofolio Mobile Apps
Memberikan
Pelayanan Terbaik.

Aplikasi Android dan IOS Rumanesia

Aplikasi Android dan IOS Home Basket

Aplikasi Android Gen Quran

Aplikasi Android dan IOS Jadi Juara

Aplikasi Android dan IOS Sin Indonesia

Aplikasi Android Bli Mobil

Logo WAN Teknologi

Portofolio Website
Memberikan
Pelayanan Terbaik.

Website Smart Film Indonesia

Website Puslitbangtan

Website Wijaya Solutions

Website Mitra Jaya

Website Rental Mobil

Website Scaffolding

  Konsultasi Sekarang!